Tuesday, February 10, 2015

Cara Membuat Bootable Flashdisk Tanpa Software

Gw mau ngasih tau cara membuat bootable flashdisk tanpa software. Gw tau cara ini dari document yang ada di harddisk temen gw. Kita gak perlu menggunakan software, tapi kalau ada yang mau menggunakan software silahkan saja. Tapi gw Cuma mau ngasih tau cara membuat bootable flashdisk tanpa software. Hanya menggunakan commend prompt yang udah disediakan oleh windows.

Yang disediakan jika kita ingin membuat bootable windows di flashdisk?
  1. Installer Windows. Seterah lu mau windows apa. Mau windows 7, windows  8, atau windows xp.  Yang penting lu punya dulu dah installer windowsnya.
  2. Flashdisk yang kapasitasnya dapat menyimpan semua komponen installer windows. Dan kinerjanya masih Normal dan masih baik.
Langkah-langkah membuat bootable windows tanpa software

Disini gw mau memberikan tutorial dengan sedikit screenshot. Disini gw mau membuat bootable windows 7 ultimate. 

1. Colokan Flashdisk yang akan dijadikan bootable windows. Lebih baik flashdisknya lu kosongkan dulu.
2. Kemudian buka CMD ( Commend Prompt ). Bias dengan cara CTRL+R dan ketikan cmd lalu tekan Enter.




     3. Setelah lu buka CMD, ketikan DISKPART Lalu tekan enter. Nanti bakalan keluar lagi tampilan kotak dialog DISKPART.


4. Selanjutnya lu ketik LIST DISK lalu enter

Lu bisa lihat tampilan list disk nya. List disk ini menentukan harddisk dan media yang akan digunakan seperti flashdisk. Nah kalau flashdisk gw itu di tunjukan di disk 1. Nah kalau lu udah tau letak flashdisk lu di disk berapa, kita bias lanjut ke langkah selanjutnya.

5. Karena flashdisk gw ada di disk 1. Jadi langkah selanjutnya gw ketik SELECT DISK 1. Kalau letak flashdisk lu ada di disk 2, lu ketik SELECT DISK 2.


6. Langkah selanjutnya ketik CLEAN lalu enter


7. CREATE PARTITION PRIMARY lalu ketik enter


8. Kemudian ketik SELECT PARTITION 1 lalu enter


9. Lalu ketikan ACTIVE trus enter


10. Kemudian ketik FORMAT FS=NTFS lalu enter. Nah pada proses ini lu tunggu dulu sampai proses format selesai 100%. jadi sabar ya, cuma bentaran doang kok.


11. Setelah proses format selesai, Langkah selanjutnya ketik ASSIGN lalu enter. Nah pada proses ini gw lupa nge-screenshot. jadi sorry ya.

12. Selanjutnya ketik EXIT untuk keluar dari disk part

13. Siapkan lah Installer Windows yang mau lu buat bootable nya. Lu bisa burning installer berformat ISO yang lu punya menggunakan software power ISO, Daemon, dan sebagainya atau lu bisa copy dari DVD installer yang udah lu siapkan. Lu copy semua file dan folder yang terdapat pada DVD Installer tersebut  Jangan sampai ada yang gak dicopy

14. Setelah semuanya selesai. Lu bias eject flashdisk lu trus lu colokin lagi. Jika tampilan Icon Drive pada Flashdisk lu udah jadi Icon installer, insya allah flashdisk lu udah bisa buat install ulang. Jangan lupa kalau lu mau nginstall ulang via flashdisk lu harus ngubah primary boot device yang ada di bios


Okeh Selesai sudah tutorial cara membuat bootable flashdisk tanpa software dari gw. semoga bermanfaat. jika ada saran komentar aja gak usah ragu. kita sama-sama dalam proses pembelajaran.

See You Next Tutorial :*

0 comments:

Post a Comment