Tuesday, February 24, 2015

Raja Tidur

Di kelas 2, semester 2 tepatnya. gw gak pernah cabut sekolah lagi. tapi, di semester 2 kemalasan gw terhadap sekolah menimbulkan masalah baru. Emang sih di semester 2 ini gw gak pernah cabut sekolah lagi Dan gw udah merasa nyaman disekolah. tapi, saking merasa nyamannya gw di sekolah. Gw malah sering tidur di kelas. Temen-temen gw dikelas mungkin risih dengan kebiasaan gw ini sampai-sampai gw mendapat julukan Si Raja Tidur dikelas, dan gak sedikit temen sekelas gw selalu nyindir gw dengan kalimat “Woy! Emang rumah nenek!” dan “Woy! Tidur mulu! Belajar woy!”. Tapi gw sih masa bodo, yang tidur kan gw, bukan mereka. Ya misalkan mereka gak nyaman dengan tingkah laku gw dikelas, ya siapa suruh sekelas sama gw? Gw juga gak pernah mau sekelas sama mereka. Lagi pula siapa mereka? Ngasih contekan waktu ulangan aja gak pernah apalagi minjemin pulpen. Lagi pula, lebih baik gw tidur dikelas dari pada gw gak pernah masuk ke kelas, itu kan sama aja cabut namanya.

Tapi kalau ngomongin pulpen, gw emang gak pernah dipinjemin pulpen sama mereka. Setiap gw mau minjem pulpen, mereka ini selalu punya alasan yang sama. Ada yang alasannya “Cuma punya satu” lah. Padahal kemaren abis minjemin ke temen sebangkunya. Ada yang alasannya “Pulpennya ilang” lah. Nah kalau pulpen lu hilang, itu yang ditangan lu apaan? Sikat gigi?! Apa batang singkong?! Pelit mah pelit aja lu pada, gak usah pake banyak alasan. Saking keselnya gw terhadap temen-temen dikelas, gw pernah punya niat jahat. Sebenernya bukan Cuma niat, tapi juga tindakan. Gw punya niat buat nyolong satu-satu pulpen temen-temen dikelas gw, dan dengan tindakan gw melakukan perbuatan tersebut tanpa di ketahui temen-temen gw. Pas lagi jam pelajaran berlangsung. Gw berdiri samping dibangku tempat temen gw duduk. Dan gw berpura-pura nanya atau basa-basi sambil melirik pulpen punya temen gw yang ada diatas meja. Dan ketika dia lengah, nah pada saat itu lah gw harus beraksi!. Tapi gw tau ini perbuatan gak terpuji dan gak pantas untuk ditiru, Don’t Try This At School!. Gw bukannya ngajarin untuk berbuat kaya gini. Tapi gw yakin banyak orang yang pernah melakukan hal ini.

            Beberapa minggu di semester 2 pun terlewati dengan mulus tanpa ada larangan tidur dari guru dan tanpa ada yang tau bahwa gw pernah jadi maling pulpen. Saking nyamannya terkadang gw tidur sampe ngiler. Untung aja temen sekelas gw gak ada yang tau karena waktu itu gw duduk sendirian. Duduk sendirian mulu ya gw, gw rasa julukan yang pantas buat gw itu adalah “Never Alone”. Dikelas aja gak ada yang mau duduk sama gw, apalagi yang mau jadi pacar. Sangat menyedihkan masa SMK gw.

Banyak tempat di sekolah yang udah gw jadikan tempat tidur. Gw pernah tidur di mushola sekolah. Pernah tidur di kantin. Pernah juga tidur di lab komputer sampai jam pelajaran selesai. Dan ketika gw terbangun lab udah sepi. Yang ada Cuma deretan computer dan guru gw. Guru gw langsung bertanya ke gw:
“Tidur nyenyak bang?” dengan senyum dan nada bicara meledek.
Gw Cuma tersenyum sinis menuju pintu keluar. Mungkin ini salah satu pengalaman gw yang paling memalukan.

Gw juga pernah tidur di perpustakaan. Seluruh tubuh gw merasakan bahwa perpustakaan adalah tempat tidur yang paling pas dan nyaman. Gw pun tertidur pulas sampai pada akhirnya di bangunin sama penjaga perpustakaan.
”Hey! Bangun kamu!” dengan muka sok seram padahal emang seram, dan sambil menendang pelan pantat gw.
Gw pun terbangun sambil berkata: “Kenapa bu?” gw panggil dia ibu karena dia berkelamin betina dan telah melahirkan satu anak tak berekor.
“Kenapa? Di perpustakaan itu gak bolah tidur!”
“Kok gak ada larangan yang tertempel di dinding bu? Larangan yang tertempel di dinding hanya larangan jangan berisik” dengan muka ngantuk dan iler yang melintang di pipi kanan muka gw.
“Masa bodo! Lebih baik kamu kembali ke kelas. Waktu istirahat sudah habis”
Akhirnya dengan terpaksa gw kembali ke kelas dengan muka ngantuk dan cacing di perutpun mulai memainkan alat musiknya.

Dari sekian tempat di sekolah yang gw jadikan tempat tidur. Yang paling parah adalah kamar mandi. Gw nyaris tertidur di kamara mandi pas lagi berak. Tapi untungnya ada orang yang gedor pintu WC tempat gw boker. Gw kaget dan spontan langsung bilang:
“Ngga pak! Saya gak tidur!” sambil buru-buru merapikan apa yang harus di rapikan.
Dan ketika gw udah ngerasa bahwa sekolah itu adalah tempat tidur yang nyaman. Pada saat itu pula pertama kalinya gw di omelin sama guru karena tidur di kelas, waktu itu mata pelajaran produktif ( gw lupa mata pelajaran apa, yang jelas masuk ke dalam mata pelajaran produktif ).
“itu siapa yang lagi tidur?” guru gw bertanya ke semua murid dengan tatapan marah.
Semua murid pun mejawab dengan kompak: “Firman pak!”
“Bangunin dia” guru gw pun menambah kan
dan secara kaget gw dibangunin sama temen gw yang duduk disamping gw. “Bangun woy! Ada guru tuh! Tidur mulu lu!” kata temen gw dengan gentrakan yang semua orang dikelas denger, gw pun terbangun dengan jeplakan meja di muka gw.
“cuci muka kamu sana!” kata guru gw masih dengan tatapan marah.
“Iya pak, ntar aja ah” gw berusaha mengelak, yaa maklum lah, namanya juga bocah yang mencoba bangor. Dan ketika pelajaran dimulai gw pamit ke kamar mandi buat cuci muka. Setelah dari kamar mandi gw gak langsung ke kelas, gw ngantuk dan males belajar, ini dua sifat yang tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Gw pun lebih pilih pergi ke kantin buat beli segelas air bening dan numpang tidur. Gw balik lagi ke kelas setelah bel pergantian pelajaran berbunyi. Seakan-akan bel pergantian pelajaran itu adalah jam alarm yang sangat merdu.

Ketika gw sampe di kelas, semua temen gw bertanya: “Kemana aja lu? ke kamar mandi lama banget, tidur dikamar mandi lu?!” dan semua temen gw pun tertawa, dan gw hanya menjawab dengan tampang bego dan ngantuk: “gw ke kantin, ngapa emang?” semua temen gw langsung terdiam, dan gw pun melanjutkan tidur gw yang nyenyak sambil berdoa semogak gak ada guru yang masuk lagi kekelas gw sampai bel pulang ( AMIIINN !! ).

Sebenernya gw sering tidur dikelas itu termotivasi oleh suatu fakta yang pernah diteliti di Univ. Of Notre Dame, Indiana. Bahwa tidur setelah menerima pelajaran dikelas dapat membuat otak menjadi cerdas. Tapi sialnya fakta ini gak berlaku dikehidupan gw. Bukannya jadi cerdas, malah meja tempat gw tidur itu jadi banjir. Dan ternyata tidur gw itu nyenyak, buktinya aja gw sampe ngiler. Untungnya gw selalu inget perkataan nyokap gw yang sering dia ucapkan. “kalau mau tidur, kencing dulu di kamar mandi biar gak ngompol”. Gw gak bisa ngebayangin bakalan kaya gimana jadinya kalau gw ngompol dikelas. Udah ngiler, ngompol dikelas, gak jadi cerdas pula.

            Beberapa minggu setelah kejadian itu, gw memutuskan udah gak mau tidur lagi dikelas, bukan karena gw kapok diomelin sama guru, tapi karena gw udah mau naik ke kelas 3 SMK. Gw pun mencoba memperbaiki nilai-nilai gw yang dibawah KKM dengan belajar dari pagi, siang, sore sampai malam. Kegiatan itu gw coba dalam satu hari, dan hasilnya gak ada perkembangakn, karena gw belajar di sekolah aja males, apa lagi belajar di rumah. Sejarah membuktikan. Gw belajar kalau besok mau ulangan semester akhir doang. Tapi, gw gak pernah ada niatan buat nyontek pas lagi ulangan. Gw mencoba mengisi semua pertanyaan dengan jawaban yang ada di otak gw. Dan gw nyontek cuma pas gw udah gak tau lagi apa yang harus gw jawab. Tapi sialnya, dari awal ulangan gw gak tau apa yang harus gw jawab, dan gw terpaksa nyontek. Hasilnya? Yaa nilai-nilai gw naik, dari yang dibawah KKM, jadi pas KMM dan bahkan ada yang di atas KKM. Itu lah beruntungnya punya temen pintar dan punya keberanian untuk memaksa minta contekan.

~Kalau cerita sampah gw ini dapat membuat lu terhibur, silahkan lu share. Dan jangan lupa klik icon g+ tapi kalau cerita gw sama sekali gak menghibur atau mungkin ada yang tersindir, gw mohon maaf. Dan silahkan lu komen kalau emang lu kesindir sama cerita sampah ini.

0 comments:

Post a Comment