Wednesday, July 1, 2015

Bukber B-GJC


            Rabu, tanggal 24 juni 2015. Tepat pada malam harinya ketika gw lagi berselancar di derasnya arus internet. Gw bersosial media menggunakan hape BB teman gw. yaa sosial media apalagi kalau bukan facebook. Karena facebook adalah sosial media yang sudah akrab sama manusia-manusia jaman sekarang. Gw melihat sebuah foto hasil screeshot aplikasi BBM yang di upload sama temen gw. Dia ini anak GJC. anak GJC tersebut adalah saudara Kiki Prasetyo biasa di panggil KakaKikiKakaKikiKakaKiki (Dengan suara yang semakin lama semakin mengecil). Di foto itu tergambarkan bahwa anak-anak GJC akan mengadakan Bukber yang bertempat di rumah Aa’ Adjat alias Aa' SyailL. Lebih tepatnya di daerah Wara Denok belah sonoh. Bukan belah sinih, apalagi belah situh.

Source: 

Walaupun gw bukan bagian dari anggota GJC, tapi BC (Berak Crew, Ceritanya nama geng gw. sebut aja begitu) memiliki sebuah ikatan dengan GJC. Walaupun di foto tersebut tertulis kata “Anak BC juga di ajak”. Tapi ketika gw melihat foto tersebut, gw merasa mereka (Anak-anak GJC) sudah lupa dengan gw dan gak mau ngundang gw secara tertulis melalu pesan singkat atau biasa di sebut sms dalam acara mereka. Tapi setelah gw melihat pesan yang masuk di akun facebook gw, ada salah satu anggota GJC yang mengundang gw. Namanya Ahmad Riyadi, biasa di panggil Ari. Isi pesan tersebut bisa lu lihat pada gambar di bawah ini



Balasan yang gw berikan percis layaknya bocah yang lagi ngambek karena gak di ajak jalan-jalan sama bapaknya.  Yaa sebernarnya sih gw gak ngambek cuma karena pada awalnya gw merasa gak di ajak. Tapi gw berpikiran bahwa kalau gw gak login facebook pasti gw gak tau kalau ternyata gw mendapatkan undangan acara bukbernya anakk-anak GJC. Tapi gw tetap berpikir positif. Mereka mungkin berpikiran bahwa gw akan login facebook setiap hari. Dan gw pasti bakalan lihat pesan yang masuk di akun facebook gw. tapi pada kenyataannya gw gak setiap hari login ke facebook. Yaa alasannya cukup simple. Karena gw gak punya hape canggih apalagi komputer (Ceritanya gw berkata dengan nada sedih dan muka melas yang padahal emang muka gw udah melas dari sononya).

Akhirnya setelas ngambek-ngambekan gak jelas layaknya bocah. Salah satu anggota GJC sekaligus tuan rumah acara bukber, yaitu Aa’ Adjat. Dia memenuhi ambekan gw yang gak jelas ini. Dia ngundang gw lewat sms yang berisi seperti ini:
“Yaudah a, kn skrang kan udh tau.. Sebarin a”
Isi pesannya gak gw rubah sedikitpun. Hasil singkatannya itu murni hasil singkatan sms yang di kirim oleh Aa’ Adjat ke nomor 3 gw.

Walaupun isi smsnya gak seperti undangan Bukber. Tapi setelah gw dapat sms dari Aa’ Adjat, gw langsung mengabarkan semua anak-anak BC untuk menghadiri undangan bukber tersebut. Gw mengabarkannya lewat sms menggunakan nomor xl yang baru gw beli kurang dari 20 hari yang lalu. Sedihnya, yang bales pesan gw cuma 2 orang. Yaitu si Syahril Ahmad Marwan alias Eril, dan Ahmad Kuzaifi alias Ifi. Dan balesannya pun kurang memuaskan. Si Eril katanya sibuk kerja, dan si Ifi hanya membalas dengan:
“Ok nnty gw kbrin”
Sama seperti pesannya Aa’ Adjat. Isi pesannya gak gw rubah sedikitpun. Hasil singkatannya itu murni hasil singkatan sang pengirim.

Gw tetap berpikir positif bahwa mungkin mereka pada memiliki kesibukan masing-masing yang gak bisa mereka tinggalkan. Dan sisa beberapa orang yang tidak membalas mungkin mereka lagi gak punya pulsa. Ada juga satu orang yang udah ganti nomor. Nama dia Sendyka Kustanto. Biasa di panggil Sendy, pake “Y” bukan “I”. Itu yang selalu dia bilang. Dan ketika itu gw baru berpikiran bahwa sms’an menggunakan kartu xl itu tekornya pake banget. Apalagi untuk seorang seperti gw yang pemasukan uangnya nihil, tapi pengeluarannya se-abreg-abreg.

Kamis, tanggal 25 juni 2015. Salah dua dari anggota GJC datang ke rumah orang tua gw, tempat dimana gw menghabiskan waktu hidup gw dari lahir sampai sekarang dan nanti. Gw tau tujuan mereka datang adalah untuk menagih uang ptpt buat acara bukber.  Tapi setelah gw melihat isi dompet, yang ada hanyalah sebuah kartu yang biasa di sebut KTP. Ketika mereka datang, gw hanya berusaha memperpanjang obrolan agar mereka lupa dengan tujuan awal mereka datang kesini. Sebenarnya bukannya gw gak mau nambahin untuk acara bukber nanti. Tapi untuk saat ini gw benar-benar lagi gak punya duit.

Ternyata usaha gw untuk memperpanjang obrolan itu percuma. Karena pada akhirnya mereka tetap ingat dengan tujuan awal mereka datang kesini. Salah satu dari mereka berdua, yaitu si Ari berkata:
“Lu nambahin kaga man?”
Gw Cuma menjawab dengan satu kata: “Hah?”
“Lu nambahin kaga?” sambung Aa’ Adjat
Gw bingung, dan sepontan gw bilang besok gw baru bisa nambahin. Besok uangnya gw kirim. Bukannya kirim lewat ATM. Tapi gw kirim langsung ke rumahnya Aa’ Adjat.

            Keesokan harinya. Jum’at, tanggal 26 juni 2015. Tepatnya sore harinya gw datang ke rumah Aa’ Adjat untuk mengantarkan uang yang kemarin sudah gw janjikan. Sesampainya disana, sudah ada dua manusia, yaitu Aa’ Adjat sama si Ari. Ketika gw ngasih uang tersebut ke Aa’ Adjat, dia langsung berkata:
“Lu doang yang nambahin? Anak BC lain mana?”
Perkataannya Aa’ Adjat ini mirip dengan kata pepatah. Yang mengatakn seperti ini:
“Sekali berkata, dua pertanyaan muncul”
Eh salah, pepatah yang benar seperti ini:
“Sekali mendayung, dua tiga jam istirahat”
Pepatah yang barusan kayaknya salah juga dah. Mungkin pepatah yang benar seperti ini:
“Sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati”
Eh kok gw malah ngebahas tentang pepatah sih? Ah salah nih cerita. Eh ceritanya gak salah. Mungkin gw yang salah. Salah mulu ya gw. Maklum aja yak, namanya juga manusia. Gak luput dari yang namanya salah dan lupa. Dan karena gw lupa gw mau cerita tentang apa? Gw jadi gak bisa melanjutkan cerita ini sampai habis. (Maksudnya gimana sih nih?)

            Gw gak bisa jawab perkataannya Aa’ Adjat. Gw Cuma bisa bilang bahwa gw gak tau mereka pada ikut acara bukber apa kaga. Yang jelas gw udah ngabarin mereka semua. Dan bilang ke mereka bahwa gw gak bisa lama-lama datang. Karena ada tugas untuk nganter encing gw pergi ke acara bukber. Gw gak tau dia mau bukber dimana. Yang gw tau hanya gw di suruh nganter dia doang. Gw bergegas pergi ke rumah nenek gw. Ketika sampai di rumah nenek, ternyata encing gw udah berangkat pergi bukber. Dan gw hanya bisa diam, membisu dan bingung mau ngapain. Tapi untung ada sebuah mainan di rumah nenek yang setiap hari gw mainkan. Yaitu Laptop kepunyaan encing gw yang katanya tadi minta di anterin ke acara bukber. Gw mainin ini laptop sampai intro berbuka puasa berkumandang. Kurang lebihnya itu satu jam gw mainin ini laptop.

            Sabtu, tanggal 27 juni 2015. Sore hari tepatnya sebelum gw berangkat ke rumah Aa’ Adjat untuk bukber. Gw merasa ada yang mengganjal, dan timbul satu pertanyaan di benak gw.
“Apakah iya sekarang bukbernya? Kok gak ada yang ngabarin lagi?”
Yap, sebelum gw berangkat ke rumah Aa’ Adjat, emang gak ada lagi yang mengabarkan. Gw bingung, tapi gw udah lagi rapih-rapih untuk OTW. Dan karena gak ada lagi yang memastikan, gw lebih memilih untuk mengecek akun facebook gw.
“Mungkin aja ada yang ngabarin lewat pesan facebook” Gw berkata dalam hati
Dan ternyata benar, ada teman gw yang mengabarkan. Ada dua orang malah. Yang satu anak BC, dan yang satu lagi anak GJC. Anak BC tersebut itu adalah saudara Muhammad Alif Fajri yang biasa di panggil sama teman-teman Alif. Tapi kalau di rumah biasa di panggil Fajri. Dan yang satu lagi anak GJC, yaitu saudara Kiki Prasetyo.




            Berang – berang bawa berkat, berangkatlah gw menuju kediaman Aa’ Adjat And Family. Sesampainya disana, sudah berkumpul para manusia-manusia jalang. Eh maksudnya para manusia-manusia error. Mereka adalah manusia-manusia yang tergabung dalam himpunan B-GJC. Yap, mereka adalah teman-teman gw yang walaupun sering error. Tapi berkat merekalah cerita ini tercipta. Yaa walaupun Cuma Cerita Sampah. Dan ada yang membuat gw terkejut, yaitu si Andika Panatagama biasa di panggil Aggam. Rambut di kepalanya itu sudah tumbuh sangatlah lebat. gw merasa tersaingi. Dan ada juga yang lagi tidur, yaitu Syahru Rizal Utama biasa di panggil Rizal. Dia baru balik gawe. Standing Applouse untuk orang yang satu ini.

            Acara Bukber yang sederhana tapi sangat memuaskan. Dan yang terpenting adalah ajang silaturahmi anak-anak B-GJC. Tapi sebelum berkumandangnya intro berbuka puasa, gw merasa ada yang kurang dan ada yang lebih. Gw coba tegesin muka dari semua orang yang telah hadir. Semakin gw tegesin, semakin gw merasa ada yang kurang dan lebih. Dan ternyata yang kurang itu adalah saudara Kiki yang tadi ngabarin gw lewat pesan facebook. Dia belum hadir lantaran masih terjabak di jalan pulang kerja menuju kediaman Aa’ Adjat. Dan yang lebihnya itu adalah ada satu orang yang bukan bagian dari himpunan B-GJC. Nama dia adalah Joko biasa di panggil Joko. Gw lupa nama panjang dia, padahal gw pernah sekelas sama dia. Ah yaudahlah orang yang gak terlalu penting dalam hidup gw gak penting juga kalau harus gw ingat nama panjangnya. Tapi kayanya gw sedikit ingat nama panjang dia itu. Kalau gak salah, berarti benar. Nama panjang dia itu adalah Joko Widodo. Yang biasa di singkat dengan JokoWi. Oh itu mah nama presiden Indonesia, Pak Joko Widodo. (Ya ampun bandooo! Garing!). Sebenarnya nama panjang dia itu adalah Joko Cahyadi. Eh gw ingat. Yes gw ingat! Yeay gw ingat! Eh gw udah ingat lagi. Yes! (Bodo Amad ah man. Lu mau ngomong apaan juga. Orang gila mah bebsa!)


            Setelah puas menyantap hidangan yang telah si suguhkan. Kami semua bercengkrama ria dan berfoto ria. Dan kami semua saling bercerita dan tertawa bareng. Ini adalah hal yang udah lama dan jarang sekali terjadi untuk saat-saat ini. Mungkin suatu saat nanti, saat-saat seperti inilah yang akan di rindukan. Apalagi sekarang udah pada sibuk dengan kesibukannya masing-masing. Ada yang sibuk dengan pekerjaannya. Ada yang sibuk dengan kuliahnya. Dan ada yang sibuk dengan nganggurnya. Eh Cuma gw yang masih pengangguran. Aduh seharusnya bagian ini gak usah gw ceritakan. Ah sudahlah, sudah terlanjur. Gw punya sebuah video slideshow, tapi hanya kumpul foto-foto anak BC. Video ini udah gw upload di youtube. Mungkin ada yang udah pernah nonton video ini.


Dan pesan gw buat Adminnya GJC. Saudara Rizky jayusman, biasa di panggil sama teman-teman dengan sebutan Jayus. Tapi kalau di rumah biasa di panggil Iki. Saudara jayus adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam tercipta beberapa cerita yang ada di blog ini. Karena tanpa adanya pembaca yang memberi komentar, sang pencerita takkan semangat untuk bercerita.

Pesan gw buat saudara Jayus:
“Pak, buat video slide show dengan foto-foto anak-anak B-GJC yang dari jamannya masih sekolah sampai sekarang. Soal lagu, itu terserah lu pak. Mau lagunya alay, mau lagunya gak jelas, itu terserah lu. Yang penting jangan lagu yang alay dan gak jelas”

            Acara bukber ini bertepatan dengan berlangsungnya acara balapan motor yang biasa di sebut MotoGP. Salah satu Ridernya itu adalah jagoan gw. Namanya adalah Mamang Dodoy, alias Valentino Rossi. Mamang Dodoy alias Valentine Rossi jadi juara di GP kali ini yang berlangsung di sirkuit Assen, Belanda. Dan moment anehnya itu ketika salah satu anggota GJC yang bernama Muhammad Irsal biasa di panggil Ical. Dia bertanya soal kematian Rider asal itali yang bernama Simoncelli.
“Waktu itu siapa dah yang mati?” dengan tampang sok polos dia bertanya demikian
“Simoncelli” beberapa orang yang tau salah satunya gw sepontan menjawab demikian
“Yaa masalahnya dia itu gak ikutan balapan lagi sampai sekarang” jawab Ical
Ini kan pernyataan yang sangat aneh. Yaa kan dia udah koday-koday, kan gak mungkin bisa ikutan balapan lagi. Massa iya dia masih ikutan balapan?. Kan gak mungkin. Oh mungkin dia ikutan balapan dengan memakai inisial Ghost Rider. Dan mungkin penampakannya bakalan seperti ini:


Oh salah, yang di atas ini adalah foto hasil editan gw yang waktu itu baru bisa mainin Photoshop. Secuil Inpoh aja ini mah. bukannya sombong. Karena pada dasarnya gw hanya bisa mengcrop dan memblur foto. Eh tapi ini hanya berlaku untuk foto-foto orang yang gw gak suka. Kalau foto gw mah gak usah pake di blur. Karena kayaknya muka gw emang udah blur dari sononya kalau di foto.

            Selesai acara bukber dan acara nonton MotoGP. Ketika yang lain sedang sibuk tarawih, beberapa orang mengusulkan untuk jalan-jalan. Eh salah, maksudnya motor-motor. Karena perginya naik motor. Kalau jalan kaki maka sebutannya jalan-jalan kaki-kaki. (Maksudnya apa sih ini?). Ada yang mengusulkan untuk menyusuli Tika dan Nia. (Gw gak tau nama panjang mereka berdua. Jadi gw gak bisa menjelaskannya. Yang gw tau, si Tika ini adalah salah satu anggota GJC. Dan sedangkan si Nia, posisi dia ini sama seperti si Joko. Bukan bagian dari himpunan B-GJC). Mereka berdua pergi ke Mc Donald yang ada di DTC. Tapi gw gak yakin kalau bensin yang ada di tanki motor mio gw itu cukup untuk ikut pergi kesana, jadi gw hanya berdiam diri duduk di bangku yang ada di depan rumah Aa’ Adjat. Gw gak beranjak sedikit pun, dan mereka pun gak ada yang beranjak pergi. Aa’ Adjat yang semangat untuk ngajak anak-anak untuk motor-motor (sebutan yang gw pakai untuk jalan-jalan menggunakan motor). Sesekali dia berdiri dan memastikan untuk berangkat pergi. Tapi akhirnya dia duduk kembali karena ada beberapa orang yang belum pasti mau ikut. Salah satunya gw yang masih memikirkan isi tanki di motor mio gw. kejadian ini berlangsung mungkin hampir setengah jam. Gw berpikiran bahwa kalau kita berangkat nyusulin tuh dua wadon, mungkinkah ada yang jajan nanti di Mc Donald? Mungkin ada, tapi hanya beberapa. Dan sedangkan yang orang yang ikut bejibun. Dan kalau kita hanya menyusuli mereka dengan menunggu mereka di luar di pinggiran emperan DTC, yang ada bakalan bĂȘte. Kenapa gw bilang demikian, karena gw udah sering ngalamin yang kaya gini. Gw berpengalaman dalam hal ini. Tapi dalam kasus lain, gw sedikit menggoda Cabe (Sebutan wadon yang pake celana gemes) yang lewat depan congor gw. Yaa gw hanya berani menggoda, karena gw tau diri. Dan gw sadar skill gw dalam menggaet seonggok wadon itu sudah mulai memudar.

            Dan karena orang-orang yang pada ngajakin motor-motor ke DTC udah pada gak sabar, gw dengan tampang melas berkata ke Aa’ Adjat.
“Motor gw gak ada bensinnya a”
“Yaudah nih ada nih duit buat beli bensin mah” dengan semangat yang menggebu-gebu dia mengeluarkan uang dari saku kiri depan celananya itu, sampai-sampai berhamburan keluar dan jatuh uang yang ingin dia keluarkan itu.

            Bergegaslah menuju DTC dengan niat yang tak pasti. Dan sesampainya disana dugaan gw benar. Kita hanya berdiam diri di emperan jalan DTC dan bertanya-tanya mau kemana lagi kita? Mungkin hampir setengah jam ada di emperan jalan DTC. Dan akhirnya sepakat di putuskan untuk bermain ke rumah saudara Kiki Prasetyo. Di rumah doi, kita semua ngopi. Eh salah, hanya beberapa yang ngopi. Dan sisanya pada sok jaim.

            Timbul rencana baru untuk mengadakan Sahur Bareng B-GJC di rumah saudara Alif (salah satu anggota BC) yang terletak di daerah sasak panjang. Dan waktu yang di tentukan adalah pada malam minggu depan. Eh maksudnya pagi minggu depan. Mungkin lebih tepat subuh minggu depan. Eh ‘kan kalau subuh udah gak boleh makan. Ah sudahlah, pokoknya seperti itu. Semoga rencana ini bisa terlaksana dengan lancar. Aamiin …

Tetapi, manusia hanya bisa berencana. Yang dapat menentukannya hanyalah Allah SWT. Secara singkatnya, Manusia punya rencana, Allah lebih punya rencana. Dan rencana Allah lebih baik ketimbang rencana umatnya. Sekian Kultum singkat ini yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan kita semua. Kurang lebihnya saya minta maaf. Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

2 comments:

  1. Replies
    1. lampiran apanya bray? foto-fotonya? gw belum ada yang ngirimin foto-foto hasil jepretan bukber kemarin. cuma yang di upload di fb sama si kiki doang

      Delete