Tuesday, February 10, 2015

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Okeh gw mau ngasih tau Tips Menghadapi Ujian Nasional versi Aa' Viman. Sebenernya simple aja kalau mau menghadapi Ujian Nasional. Gw gak mau bertele-tele kalau ngepost hal yang mungkin aja penting menurut orang lain. yaa walaupun menurut gw mah biasa aja. yaudah nih ada beberapa tips dari gw.


  1. Jangan Panik. Kalau lu merasa masih kurang belajar padahal UN udah di depan mata. Lu gak usah panik. Di bawa woles aja. Kalau lu panik malahan bikin lu jadi stres. Orang stres kan gak wajib ikut UN. Satu pertanyaan gw, Kenapa lu ikut UN? jawabannya pasti: karena lu bukan orang stres. Kalau lu merasa masih kurang belajar lu gak usah tiba-tiba jadi maniak belajar. Itu sama aja lu panik. Biasa aja, jangan terlalu memaksa otak untuk bekerja lebih keras dari biasanya. kalau emang lu males mah males aja. gak usah belaga jadi sok maniak belajar. pengalaman gw waktu menghadapi UN itu se-inget gw, gw gak belajar. Gw hanya mengandalkan ingatan gw tentang pelajaran yg telah diberikan guru selama 3 tahun gw di SMK. Tapi pengalaman gw yang ini jangan lu ikutin. Ini pengalaman Sesat. Intinya Woles, dan jangan memaksa.
  2. Percaya Diri. Dalam menghadapi Ujian Nasional lu harus percaya bahwa diri lu bisa menjawab semua soal dengan benar ( Walaupun lu bodoh sama seperti gw ). Jangan terlalu percaya sama contekan. kalau lu lebih percaya sama contekan, itu sama aja lu gak percaya sama diri lu sendiri. buat apa lu sekolah 3 tahun ( Di SMK  ) kalau pas ujian lu nyontek?. pengalaman gw pas UN itu gw berkata dalam hati: kalau di kasih contekan gw gak bakalan ambil ( kecuali kepepet ).
  3. Fokus. Ketika waktu ujian di mulai lu harus fokus. Jangan mikirin mantan! jangan juga mikirin orang yang lu sayang tapi dia nya gak sayang sama lu. itu jangan. buat apa lu mikirin orang yang lu sayang tapi dia nya gak sayang sama lu?. lebih baik lu fokus.
  4. Belajar. Di tips yang pertama gw udah bilang jangan sok jadi maniak belajar. Lu harus bisa pilih waktu yang pas buat belajar. seterah mau belajar kapan aja. mau setelah pulang sekolah, mau abis bobo ciang, mau abis magrib, atau setelah solat malam. seterah lu. se-enaknya lu aja. tapi jangan sampai lu gak belajar. gw takutnya lu malah ngikutin jejak gw yang lulus dengan nilai yang bisa dibilang kurang memuaskan ( Tapi gw bangga dengan nilai yang gw dapet ). Kalau menurut gw, belajar itu gak usah terlalu lama dan gak usah terlalu banyak pelajaran yang kita pelajari. cukup dikit-dikit aja, yang penting sering dan teratur. Percuma kalau lu belajar lama-lama dengan materi pelajaran yang lu pelajari itu banyak tapi sejam setelah lu selesai belajar lu malah lupa lagi. kan percuma aja kalau kaya gitu mah. mending belajar diki-dikit aja. kan kalau belajarnya dikit lupanya juga bakalan dikit.
Oke mungkin segini aja Tips menghadapi Ujian Nasional dari gw, bila ada yang salah menurut pandanganan lu, yaa jangan di ikutin tips dari gw ini. atau lu punya tips lain dalam menghadapin Ujian Nasional? silahkan lu ikuti tips lain tersebut. tips gw mah emang tips sampah. nama blognya aja Cumaceritasampah.blogspot.com. pasti isinya juga sampah lah yaw. buat lu yang mau komentar, silahkan. See You Next Tips :*

0 comments:

Post a Comment