Thursday, February 26, 2015

Cabut Sekolah

Waktu gw kelas 2 SMK, hidup gw mulai kacau. Berawal dari firman seorang anak yang biasa-biasa aja bahkan seorang yang pendiam, berubah menjadi firman yang bangor. Di kelas 2 ini, gw tuh merasa bahwa gw sekolah tapi seperti tidak sekolah. Kenapa? Karena Cuma di kelas 2 gw bukan lah diri gw yang sebenarnya. Waktu itu tepatnya di semester 1, Gw sering bolos sekolah atau bahasa kerennya cabut sekolah dengan mengirim surat sakit palsu dengan tanda tangan bokap yang gw buat sendiri. Gw berusaha keras untuk bisa memalsukan tanda tangan bokap gw, sampe-sampe sebagian dari buku tulis gw itu berisi tanda tangan bokap gw.

Untungnya tanda tangan bokap gw gak terlalu sulit buat gw palsukan, jadi gw bisa memalsukan tanda tangan bokap sepuas gw. Setiap gw cabut gw selalu nitip surat sakit ke temen sekelas gw agakr gw bisa cabut sekolah dengan aman. Gw gak seperti anak-anak yang lain yang kalau cabut sekolah jauh dari rumah atau cabut ke warnet. Gw cabut sekolah gak pernah jauh, selalu di tongkrongakn tempat biasa gw sama temen-temen gw kumpul, yaitu di rumah temen gw yang rumahnya Cuma beda RT sama rumah gw. Eh, maksudnya rumah orang tua gw. Walau pun gitu, gw gak pernah ketauan cabut sekolah. Saking seringnya gw cabut sekolah, banyak dari temen-temen gw yang sering nyeramahin gw.
“Man, jangakn cabut mulu bego lu. Gw aja udah ngga” temen gw mencoba ceramah didepan gw
“Yailah, lu udah gak mau cabut lagi jugak karena lu udah pernah ketauan aja sama ema lu”
“Seterah lu dah man, nanti jugak lu ketauan sama ema lu”
“Bodo amad” gw mencoba mengelak.
Seminggu setelah temen gw nyeramahin gw, ada satu kejadian yang akhirnya membuat gw berhenti buat cabut sekolah untuk selama-lamanya. Alias gw kapok.

Pada suatu ketika ade gw yg kedua, anak ketigak dari hasil kawin silang antara bokap dan nyokap gw. Namanya Rian. Tanpa disengakja, Dia dateng ke tongkrongakn gw. Sialnya pada saat itu pas banget ketika gw lagi cabut sekolah dan dia ngeliat gw lagi tiduran santai dengan memakai baju bola putih dengan strip biru dan celana kolor kotak-kotak warna ijo. Pada saat itu emang gw gak pake seragam sekolah, seragam sekolahnya gw masukan kedalam tas gw dan tas gwnya itu gw simpen dipojok ruangakn tempat gw cabut.
“Aa!” kata ade gw dengan tatapan heran yg pertama kali gw liat se-umur hidup gw. Dan dengan terpaksa  gw pun menjawab:
“eh, pulang lu pulang! Jangakn bilang ibu gw cabut sekolah, kalau ibu nanya bilang aja gw sekolah.”
Pada saat itu gw merasa panik, dan yang terlintas dikepala gw adalah si Rian bakalan bilang ke nyokap kalau gw lagi cabut sekolah. Tapi, Karena udah terlanjur dan walaupun gw merasa panik pada saat itu, yaudah gw lanjutin tidur gw ygnyaman diatas tikar bergakmbar Spongebob beserta sahabatnya yaitu, Patrick Star. Dan ade gw pun pulang dengan rasa kecewa, entah kecewa karena apa? Gw jugak gak tau, mungkin karena dia gw gak kasih duit. Waktu kelas 2 jam masuk sekolah gw itu siang, Dari jam 13.00 sampai jam 17.30. Ketika jam telah menunjukan pukul 17.35 gw pun terbangun dengan muka bercetak gambar Spongebob dan iler yg melintang diseluruh muka gw, gw segera memakai kembali seragam sekolah dan lekas pulang ke rumah tanpa cuci muka atau apapun itu.

Ketika sampe di rumah , seperti biasa gw salim (mencium tangan) nyokap dan bokap gw yang sedang duduk santai sambil nonton tv, waktu itu gw merasa ada yang aneh dari tatapan nyokap gw, gw merasa nyokap gw tuh tau kalau gw itu abis cabut dari sekolah, gw pun buru-buru ke kamar sambil berkata dalam hati “nyokap kayanya tau deh kalau gw tadi cabut sekolah”. Tapi yang namanya bocah yang lagi mencoba bangor mah masa bodo aja ya (HaHaHa). Ketika malam tiba, sebelum gw tidur. Nyokap dateng ke kamar gw. Gw mulai panik dan berpikir bahwa nyokap malam itu akan marah besar ke gw. Nyokap nyoba ngajak gw ngobrol:
“Gimana sekolahnya tadi man?” nyokap bertanya dengan tatapan marah
“Ya .. ngg .. gak gimana-gimana” dengan terbatah
“Jangan bohong lu sama ibu”
“I .. iya ngga gimana-gimana, emang gimana yang gimana?” gw gak sadar barusan gw ngomong apa
“Oh, yaudah tidur dah lu” sambil ke luar kamar nyokap gw nyuruh gw tidur. Dan ternyata nyokap Cuma ngetes mental gw doang. Gw baru inget waktu gw kelas 1 nyokap pernah bilang bakalan ngetes mental gw kalau gw udah kelas 2.

            Semenjak kejadian itu, gw udah gak berani lagi punya niatan untuk cabut sekolah. Kalau niatan aja udah gak berani apalagi tindakan. Dan nilai-nilai gw selama semester 1 jugak banyak yang dibawah rata-rata, gw mulai depresi dengan nilai-nilai yang gw dapet. Tapi setelah gw pikir-pikir kayanya nilai gw emang gak pernah ada yang diatas rata-rata dari gw SMP. Tapi kenapa gw lulus? Ya begitulah, nilai bukan satu-satunya cara buat menentukan seorang murid lulus atau tidak. Karena masih ada uang yang mampu berbicara lebih. (sok bener dan sok kaya ). Tapi jujur, gw gak pernah menyogok pihak sekolah buat ngelulusin gw. Jangakn kan buat nyogok, buat beli buku paket aja masih kurang.  Yaa untungnya Bokap gw bekerja di tempat gw sekolah, jadi masih ada konsekuensi dikit buat gw (HaHa).

Dan karena nilai-nilai gw banyak yg di bawah KKM, Gw pun terpaksa Remed. Khususnya nilai B.Inggris, nilai B.Inggris gw jauh dibawah KKM dan Gw pun dipanggil guru B.Inggris ke ruang guru sambil di suruh bawa buku sama pulpen. Ngapain? Ya pertanyaan lu sama dengan pertanyaan gw, gw jugak gak tau kenapa gw dipanggil ke ruang guru, yang gw tau Cuma karena nilai B.Inggris gw dibawah KKM. Ketika gw di ruang guru, gw langsung berhadapan dengan Guru B.Inggris dan Gw ditanya sama Beliau:
“Firman, kamu anaknya Pak Dadang kan?” Dia bertanya seolah-olah dia tuh udah tau jawabannya. Yaa kalau udah tau jawabannya kenapa nanya yaa? ( Aneh) dan karena dia nanya, yaa gw jawab dong.
“Iya, Bu” Gw menjawab dengan penuh keraguan
“Kamu ini jarang masuk di semester 1, kemana aja sih kamu? Bolos ya?” lagi-lagi Dia bertanya seolah-olah dia tuh udah tau jawabannya.
“Ah bolos Bu? Nggak lah, kan bapak saya kerja disini bu. Masa saya bolos sih?” Gw menjawab dengan penuh kebohongakn ( Don’t Try This At School!! )
“Yaudah!, mana buku sama pulpen yang tadi ibu suruh bawa?” kayanya dia ngomongnya sambil marah deh.
“Ini, Bu” Karena dia marah, gw pun menjawabnya dengan rasa takut.
“Ini, kamu, Ibu kasih nilai, kamu gak usah remed seperti murid yang lain.” Ini Dia ngomongnya sambil senyum, gw jadi bingun, tadi dia marah dan sekarang dia terlihat bahagia? ( Aneh ) dan dia lanjut bilang: “Tapi, kamu jangakn bilang-bilang ke murid yang lain. Nanti mereka pada iri” nah kalau yg ini gw tau maksudnya. Gw yakin, lu jugak pasti paham maksud perkataan dari guru gw.
“Iya, Bu, Makasih” gw pun menjawabnya dengan senyuman paling manis dan mencium tangan beliau. Lalu Gw bergegas balik ke kelas hanya untuk menaruh buku dan pulpen gw yang sangat berharga sambil berjanji dalam hati pada diri gw sendiri bahwa, Gw gak akan cabut sekolah lagi.


NB: Seorang cowo kalau udah berjanji dia gak akan mengingkarinya. Dan Seorang cowo gak pernah menarik kata-katanya.

~Kalau cerita sampah gw ini dapat membuat lu terhibur, silahkan lu share. Dan jangan lupa klik icon g+ tapi kalau cerita gw sama sekali gak menghibur atau mungkin ada yang tersindir, gw mohon maaf. Dan silahkan lu komen kalau emang lu kesindir sama cerita sampah ini.

0 comments:

Post a Comment