Saturday, July 4, 2015

Selalu Ada History Di Bulan Suci

            Selalu ada sebuah history ketika gw merasakan kembali yang namanya ngopi di atas musholah Rt 4 kampung taman induk tercinta. Sebuah history yang gak jauh dari sebuah cerita cinta yang pernah ada. Dan gak Cuma history tentang cinta. Tapi juga tentang pengalaman hidup yang beda dari sebelumnya.

            Dimalam yang dingin ini, gw bersyukur masih bisa (kembali) merasakan hawa dingin dari atas musholah Rt 4 kampung taman. Di temani secangkir kopi dan 3 anak curut. 3 anak curut itu sebutan untuk 1 sahabat gw yang biasa gw panggil sowang (Nih nama pernah ada di cerita gw berjudul Ojek Cinta Part 2). Dan 2 bocah baru kemaren sore, alias bocah alus. Kita berempat menikmati keindahan pemadangan malam yang gelap, hampir tak terlihat apapun (Apanya yang pemandangan?). Dan sembaring bercerita tentang keadaan kampung ini. Kita berempat sok layaknya seorang anak muda menjelang kebapak-bapak’an. Kita tertawa bareng menertawai uniknya dunia. Eh salah, maksudnya mereka bertiga tertawa karena cerita gw absurd tentang uniknya dunia ini.

            Dan karena gw berpikiran bahwa mereka ini sedikit mengerti tentang agama. Yaa walaupun Cuma doa makan dan doa tidur yang mereka mengerti (Sama seperti gw). tapi gw tetap menganggap mereka itu ngerti tentang agama. Walaupun hanya “sedikit”. Kenapan kata sedikitnya itu gw kutip? Karena saking sedikitnya, sampai-sampai gak ada yang mereka mengerti. Gw bertanya soal keimanan ke mereka.
“Gw punya pertanyaan nih buat lu bertiga” dengan melebarkan senyum dari muka yg absurd ini gw berkata demikian
Mereka bertiga hanya terdiam. Dan melanjutkan omongan gw:
“Kalau misalkan lu bertiga gw kasih ayam masing-masing 1 ekor dan 1 pisau. Dan lu bertiga gw suruh bunuh tuh ayam di tempat paling tersembunyi tanpa ada yang tau bahwa lu udah bunuh tuh ayam. Dan sebagai bukti bahwa lu udah bunuh tuh ayam, pisau yang lu pakai itu nantinya kembalikan ke gw. pastinya di pisau itu ada berkas darah ayamnya. Kira-kira bakalan lu bunuh dimana tuh ayam?”
Mereka bertiga memberikan jawab yang berbeda-beda. Ada yang jawab “Gw bunuh di goa, biar gak ada yang tau”. Ada yang jawab, “Gw bunuh di hutan”. Ada juga yang jawab “Gw bakalan bunuh tuh ayam di rumah gw ketika gak ada siapapun”. Dengan senyum dan nada yang santai gw berkata:
“Sebenarnya ini adalah pertanyaan jebakan”
Mereka bertiga diam. Dan saling pandang-pandangan.
“Ini adalah pertanyaan jebakan yang bukan di jawab menggunakan logika. Kalau dengan logika, jawaban lu bertiga benar. Tapi pertanyaan ini harus di jawab dengan menggunakan ke-Imanan. Sekarang tuh ayam lu bunuh tanpa ada yang mengetahuinya. Nah, emang Allah gak tau?”
Gesture wajah mereka berubah, dari yang diam tanpa ada ekspresi dan saling pandang-pandangan. Berubah menjadi senyam-senyum kaya orang bego dan kompak berkata:
“Iya juga yaa”

Gw pun tersnyum menahan tawa. Karena sebelum mereka yang mendapat pertanyaan kaya gini, gw udah duluan dapat pertanyaan kaya gini. Jadi yang merasa di begoin duluan tuh gw. Tapi gw cerdas, karena gw bisa bikin orang lain merasa bego dengan pertanyaan ini yang pernah bikin gw merasa bego. Jujur ketika pertama kali dapat pertanyaan kaya gini, pasti langsung menjawab dengan logika. Tapi setelah kasusnya terpecahkan, langsung dah berkata:
“Iya juga yaa (kenapa gw bego?)”

            Dan setelah gw ceritakan yang sebenarnya, mereka bertiga tertawa. Di sela-sela itu, gw kembali teringat sebuah History yang berbau cinta. Mungkin memang berbau cinta. Dan seperti agak sedikit bodoh gw History ini (Padahal di semua history gw terlihat bodoh).

            Di suatu bulan puasa beberapa tahun lalu. Gw pernah merasa di selingkuhi oleh pacar gw waktu itu. Sekarang udah jadi mantan. Yaa gw sih nganggep dia itu sebagai mantan pacar gw. Tapi gak tau dah kalau dia itu nganggep gw sebagai apa? Mungkin sebagai mainan dia di masa lalu. Ketika itu sekita jam satuan. Setelah gw selesai sms’an sama doi. Gw langsung buka o.facebook (Maklum pelajar, nyarinya masih yang gratisan. Dan sampai sekarang pun masih suka nyari yang gratisan). Gw lihat doi update status yang seakan-akan menggambarkan kalau doi tuh udah ada cowok baru. Gw sebagai cowok, kesel doang di selingkuhin. Kalau cowok aja kesel di selingkuhin, apalagi cewek. Pasti nangis sampai Menuhin kolem.

            Di saat itu juga gw langsung minta putus. Itu pertama kalinya mutusin cewek. Yaa walaupun ujung-ujungnya (Alhamdulillah) kaga jadi putus. Di waktu yang sama, gw lagi becanda sama temen gw di serambi musholah Rt 4. Dan ketika gw mendapat sms balasan yang di dalamnya di sertai emot sedih, gw bukannya kasihan sama doi. Tapi yang ada gw malah lanjut tertawa bareng temen gw. Bahkan tawanya tuh tambah ngakak. Sampai beberap sms gw tetap dengan pendirian gw yang menginginkan untuk hubungan ini berakhir. Tapi karena gw berpikir udah malam. Waktu itu sudah hampir mau jam 2, gw lebih pilih untuk tidak jadi putus agar si doi gak sms gw lagi untuk sementara waktu. Dan agar si doi bisa tidur pulas. Ke-esokan harinya gw berasa macam artis yang ketika hubungannya kandas di tengah jalan, lalu banyak wartawan yang mewawancarai-nya. Gw Cuma bisa jawab dengan satu kata, “Ngga”. Kelar wawancara kali itu.

            Beberapa minggu setelah kejadian ini terjadi. Tepatnya beberapa hari setelah lebaran (Gw lupa kapan tepatnya itu terjadi. Dan gw berpikiran bahwa, gak bagus juga kalau hal buruk itu selalu di ingat). Doi mutusin gw dengan nada yang kalem namun menusuk ke relung hati yang paling dalam. Di situ kadang gw merasa sedih. Karena ini adalah kali pertama gw di putusin sama cewek. Dan rasanya sakit. Semenjak kejadian ini terjadi, gw udah gak mau lagi ngelakuin yang namanya “Mutusin Pacar”. Kenapa? Karena gw tau rasanya di putusin itu sakit. Dan gw gak mau nyakitin orang yang gw sayangi.

Tapi rasa sakit yang gw rasakan itu sakitnya hanya di awal. Semakin lama-kelamaan rasa sakit itu pun mulai hilang karena telah datangnya rasa cinta yang baru. Walaupun cukup lama juga untuk mencari cinta yang baru. Terhitung lebih dari satu tahun semenjak putus sama doi. Dan gw berharap gak akan terjadi lagi kejadian seperti itu. Tapi harapan manusia kadang tak dapat di kabul. Yang ada malah rasa sakit yang lebih sakit yang gw rasakan. Bahkan bukan Cuma rasa sakit, tapi juga rasa bodoh karena gw udah ngelakuin hal bodoh. Tapi gw selalu bersyukur bahwa di masa muda gw telah di berikan beberapa pelajaran berharga dari tuhan melalui perantara Mantan.

Untuk penutup kali ini gw mau memberikan yang spesial. Kenapa? Karena ini adalah bulan spesial, gak lengkap kalau gw gak memberikan penutup yang spesial. Penutup spesial yang gw maksud adalah, kali ini gw mau menutup postingan dengan sedikit Quote yang gw buat dengan usaha sendiri dengan berpikir selama lebih dari satu hari untuk menghasilkan Quote yang tidak mengecewakan.

“Mantan bukanlah orang yang wajib kita musuhi. Bila Lu memusuhi Mantan, maka lu tergolong dalam manusia-manusia munafik. Bermusuhan bukanlah cara yang tepat untuk melupakan Mantan”


            Sekian postingan gw kali ini. Semoga gak ada manfaatnya. Tapi semoga lu bisa terhibur dengan cerita gw ini. Kurang lebihnya bikin cerita aja sendiri. Wassalam~

0 comments:

Post a Comment