Saturday, February 7, 2015

Perkenalkan

Perkenalan Ulang



          Okeh bray. gw mau perkenalan ulang. siapa tau ada yang belum kenal gw. atau ada yang baru pertama kali baca blog gw. di perkenalan kali ini gw mau memperkenalkan diri secara detail dan yang pasti gak penting atau lebih tepat nya seperti sampah.

            Perkenalkan nama gw Firman Hidayat. Gw ini anak paling tua dari hasil kawin silang bokap-nyokap. Dan karena gw itu anak paling tua, jadi gw itu anak pertama dari beberapa bersaudara ( gw gak paham gw ini dari berapa bersaudara, yang jelas gw punya ade tiga ). Kata orang-orang nama gw ini nama yang islami banget. Awalnya sih bokap mau kasih nama yang simple, yaitu Cuma “Firmansyah”. Alasan bokap mau ngasih nama yang kaya gitu karena gw lahir dari hubungan yang sah. Bukan hubungan gelap. Tapi kalau cara bikinnya lampur kamar dimatiin gw gak tau ya. Itu urusan bokap-nyokap gw. Tapi kata nyokap kalau namanya kaya gitu mah terlalu simple. Nama depan tetap “Firman”, tapi sedikit ditambahkan oleh nyokap. Dan akhirnya nama gw menjadi “Firman Hidayat”. Waktu gw kecil, gw sering dipanggil dengan sebutan “Iman”. Setelah gw punya ade, gw dipanggil Aa’. Tapi temen sekolah gw manggil gw dengan sebutan Firman. Ada juga yang manggil gw dengan sebutan Aa’ Viman. Nah tinggal pilih dah mau manggil gw dengan sebutan apa. Tapi gw lebih suka dipanggil dengan sebutan Aa’ Viman.

            Sebelumnya, Gw mau ngejelasin arti dari nama gw. Berawal dari “Firman”. Kata orang-orang, “Firman” itu artinya ucapan Allah ( tuhannya orang islam ). Dan “Hidayat” juga katanya islami banget. Emang sih, kalau menurut agama islam, “Hidayat” itu berasal dari kata “Hidayah” yang berarti, apaan ya gw gak tau artinya ( hahah ), Yaa pokonya gitu dah. Padahal kalau menurut Bokap-Nyokap gw, arti dari kata “Hidayat” adalah “Hidup Dadang Yati”. Ya, Dadang itu nama Bokap gw dan Yati itu nama Nyokap gw, Nama yang sangat simple bukan? Untungnya bokap-nyokap gw itu termasuk orang dulu ( orang yang lahir dibawah tahun 1970 ). Orang dulu dikampungan gw itu kalau ngasih nama anak pasti ngambil dari kitab suci. Atau kalau gak ngambil di kitab suci, pasti ngambil dari nama-nama yang baik. Beda sama orang tua jaman sekarang yang ngasih nama anak itu ngambil dari postingan di internet. Kan kasihan anaknya kalau kaya gitu. Kalau gw ditanya, “Man, waktu lu lahir, siapa yang ngasih nama?” gw jawabnya enak, “bokap-nyokap gw dong”. coba kalau anak yang lahir dikasih nama dari postingan di internet. “waktu lu lahir, siapa yang ngasih lu nama?” mau jawab apa? masa iya jawab gini: “Google dong”. Bokap-nyokap lu google? Bersetubuhnya kaya gimana? Trus lu lahirnya kaya gimana? Wah gw curiga, jangan-jangan lu lahir online. Trus waktu lu lahir ada video streamingnya. Jadi buat lu yang punya orang tua orang dulu, lu itu termasuk orang yang beruntung.

            Gw ini orangnya pemalu. Atau lebih tepatnya malu-maluin. Iya hidup gw emang penuh dengan kata malu dan juga sering malu-maluin. Gw juga orangnya gak terlalu suka diatur-atur. Karena gw berpendapat bahwa aturan yang ada di Indonesia itu untuk dilanggar, bukan untuk di taati. Walaupun begitu, gw gak pernah melanggar peraturan yang ada di Indonesia kecuali berkendara gak pake helm. Bukannya gw gak mau taat peraturan, masalahnya gw ini gak punya motor. Gimana gw mau pakai helm, kalau motor aja gw gak punya. Gw kalau kemana-mana itu selalu naik angkot. Masa iya gw naik angkot pake helm boleh minjem. Nanti ada yang nanya gini: “mau kemana lu pake helm?”. Gw jawab apa? masa iya gw jawab gini: “jauh pake helm”. Kan gak asik kalau kaya gitu mah. Dan Gw sadar kalau gw itu orangnya maluan ketika gw udah gede. Eh salah, maksudnya ketika gw udah dewasa. Semakin gw dewasa, gw semakin pemalu. Apalagi kalau ngomongin cewek. Gw tuh maluan banget kalau udah deket sama cewek. sampai bingung apa yang mau gw obrolin ketika lagi berduan sama cewek. Dan kalau ngomongin hubungan percintaan, hubungan percintaan gw itu gak semulus hubungan percintaan kalian. Dan gak seindah hubungan percintaan kalian. Mungkin itu alasannya kenapa mantan-mantan pacar gw gak pernah mau lama pacaran sama gw. Gw setiap pacaran itu paling sering Cuma sehari. Itu juga gak sampai 24 jam. Mungkin itu yang membuat gw gak pernah belajar dari kesalahan. Gimana gw mau belajar dari kesalahan, kalau yang sering terjadi itu sama seperti yang udah-udah. Dan kalau ngomongin bakat. Sampai kini gw sendiri gak tau bakat gw apa. mungkin bukan gw doang yang pernah ngerasain hal yang kaya gini. Karena bakat itu kan alami, dan bakat seseorang terlihat bukan karena disengaja. Bakat itu terlihat tanpa sengaja dan tanpa seornangpun tau apa bakat yang ia punya. ( Jadi waspadalah-waspadalah ). Bahkan terkadang orang tua sendiripun gak tau bakat anaknya itu apa. memang sih, ada banyak orang tua yang tau bakat yang ada pada anaknya ketika anaknya sudah mulai besar. Tapi ada orang tua yang gak tau bakat anaknya walaupun anaknya itu sudah besar. Contohnya orang tua gw, orang tua gw gak tau bakat gw apa. Dan gw juga gak pernah nanya ke orang tua gw, dari kecil keahlian gw yang paling menonjol itu apa. sampai sekarang gw juga belum tau bakat gw apa. yang gw tau sekarang adalah gw melakukan sesuatu hanya yang ingin gw lakukan dan hanya yang bikin gw merasa nyaman melakukannya. Contohnya melakukan kegiatan sehari-hari. Gw melakukan kegiatan sehari-hari gw hanya untuk kegiatan yang menurut gw itu hal yang menarik dan asik. Karena tujuna hidup gw itu yang simple. Hanya ingin menjadi anak yang berbakti, hanya ingin membuat orang yang dekat sama gw selalu bahagia dan ingin menghibur banyak orang lewat berbagai cara. Salah satunya dengan cara berpura-pura bodoh. Atau mungkin gw emang udah bodoh beneran kali ya. Tapi kalau hanya dengan cara gw berpura-pura bodoh aja orang-orang yang ada di dekat gw bisa tertawa bahagia, apalagi dengan cara gw berpura-pura menjadi orang pintar. Mungkin mereka bisa pada mati tertawa. Tapi kalau mereka pada mati duluan, trus siapa lagi yang harus gw buat tertawa?. Dan gw selalu inget sama perkataan Bokap gw, dia pernah bilang kaya gini:
“Man, sampai kapanpun, lu harus tetap menjadi diri sendiri. Gak perlu lu menjadi orang pintar yang memimpin negri ini. Cukup menjadi orang biasa, atau mungkin berpura-pura menjadi orang bodoh agar orang yang kenal sama lu tuh tertawa dan merasa gak terbebani dengan adanya lu”.

             Sejak denger perkataan Bokap yang seperti itu. Gw gak pernah lagi mau jadi orang pintar. Apalagi menjadi sarjana. Karena percuma kuliah kalau nantinya gw tetap merasakan yang namanya nganggur. Dan biaya kuliah juga kan gak murah, biaya gw sekolah selama 12 tahun aja udah mahal. Apalagi ditambah biaya kuliah. Yang namanya orang tua pasti berharap ketika anaknya udah menjadi sarjana, anaknya akan mendapat pekerjaan yang pantas dengan title yang dipunya-nya. Tapi kalau lulus kuliah masih menganggur? Orang tua pasti kecewa. Itu alasannya gw gak mau kuliah dan gak mau jadi orang pintar. Gw akan tetap menjadi diri gw yang bisa menertawai dan ditertawai.

Okeh sampai sini dulu perkenalan yang kedua kalinya .. nanti gw mau ngepost cerita lagi. See You :*

0 comments:

Post a Comment